Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Event
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Visitkalsel.com – Banjarmasin, kota yang terkenal dengan sebutan ‘Kota Seribu Sungai’ ini selain memiliki banyak sungai juga memiliki banyak wisata sejarah. Salah satu bagian sejarah di ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini adalah Kerajaan Banjar. Wisata yang harus dilakukan berkenaan dengan Kerajaan Banjar adalah wisata religinya. Karena kuatnya akulturasi antara budaya dan religi di kota ini membuat wisata religi yang satu ini berbeda.

Masjid sultan suriansyah merupakan sebuah masjid tertua yang ada di pulau Kalimantan Selatan. masjid ini terletak di tepi sungai kuin di Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70127. masjid ini di bangun antara tahun 1525-1550 M, pada masa pemeritahan sultan suriansyah yang merupakan raja banjar yang pertama memeluk agama islam.

Masjid ini memiliki keunikannya sendiri yang mana atapnya masih terjaga keasliannya yang hanya pada puncak masjid ini mengalami perubahan diganti dengan kubah. akan tetapi wujud asli dari atap yang berbentuk tumpang empat masih terlihat begitu jelas.

Masjid sultan suriansyah berada di pinggir sungai kuin, sangat memudahkan untuk para wisatawan yang naik pakai angkutan air seperti bus air, longboat dapat singgah untuk melihat masjid tertua di Kalimantan Selataan, karena di sana disediakan pemberhentian kapal untuk naik kedaratan lho. selain jalur air kalian juga bisa melalui jalur darat karena jalur darat ini persis melewati tepi masjid yang memudahkan para wisatawan berziarah ke masjid ini. selain mengunjungi masjid sultan suriansyah, kalian yang ingin mengenal sejarah Masjid sultan suriansyah juga bisa menyempatkan berziarah ke makam sultan suriansyah yang mana makam tersebut tidak terlalu jauh dari masjidnya.

Walaupun Masjid sultan suriansyah berdiri sekitar 4 abad. keberadaan masjid ini sangatlah penting karena bagi wisatawan dan warga lokal keberadaan masjid sultan suriansyah merupakan salah satu objek wisata religi yang harus dikunjungi dan bisa mengenali para tokoh yang pernah berkuasa di kota ini dengan ziarah ke Makam Sultan Suriansyah. Selain menambah wawasan sejarah, tentu akan menjadi liburan yang menyenangkan.

Media referensi wisata kalimantan selatan Install sekarang #visitkalseldotcom di Google Play Store

Write a review

Your Rating
angry
crying
sleeping
smily
cool
Browse

review kami sarankan untuk memiliki setidaknya 140 karakter :)