Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Event
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Visitkalsel.com – Bagi para pecinta wisata alam bebas, kawasan Gunung Pamaton di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar dapat menjadi alternatif pilihan.

Sobat tidak perlu khawatir untuk mencapai lokasi bukit pamaton tidak terlalu berat. Medannya relatif mudah untuk dijangkau, baik dengan menggunakan roda dua atau kendaraan roda empat.

Jarak tempuh ke bukit pamaton jika dari Kota Banjarbaru tepatnya bandara Syamsudin Noor hanya memakan waktu satu jam tiga puluh menit.

Cerita Sejarah Gunung Pamaton

Gunung Pamaton adalah sebuah gunung di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Digunung ini pernah terjadi peristiwa sejarah terkait dengan peristiwa Perang Banjar (1859-1905).

Gunung Pamaton disebut sebagai tanda batas wilayah Kesultanan Banjar dan wilayah kekuasaan Belanda, dalam kontrak perjanjian Kesultanan Banjar dengan Belanda tanggal 04 Mei 1826 (26 Ramadhan 1241).

Gunung Pamaton juga disebut dalam surat wasiat Sultan Adam Al Wasik Billah yang dibuat pada Senin, 12 Shafar 1259. yaitu batas wilayah yang diberikan kepada Pangeran Hidayatullah.

Baca artikel : Hal Menarik di Bukit Batu Riam Kanan

Pada masa Perang Banjar, Gunung Pamaton dijadikan basis pejuang, benteng perlawanan dan tempat pertempuran melawan colonial Belanda. Berikut beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang berhubungan dengan situs Gunung Pamaton pada masa Perang Banjar.

  1. Perang Banjar dimulai tanggal 18 April 1859 ditandai penyerangan benteng Belanda di tambang batubara Oranye Nassau, Pengaron. Serangan dilakukan para pejuang dari Muning Pimpinan Pangeran Antasari yang berbasis disekitar Riam Kiwa dan Gunung Pamaton.
  2. Juni 1861. Pangeran Hidayatullah mengatur rencana serangan umum terhadap Kota Martapura pada tanggal 20 Juni 1861, sayangnya rencana itu bocor, Pasukan Belanda yang di pimpin Mayor Koch melakukan serangan secara besar-besaran sebelum serangan umum ke benteng Gunung Pamaton. Serangan ini dapat digagalkan dan banyak menimbulkan korban dipihak Belanda seperti Letnan TerDwerde, Kopral Grimm dan beberapa serdadu Belanda lainnya.
  3. Agustus 1861, kembali Mayor Koch memimpin pasukan menyerbu Benteng Pamaton, namun sekali lagi usaha menangkap Pangeran Hidayatullah gagal, karena benteng terlebih dahulu dikosongkan.
  4. Benteng Gunung Pamaton dipertahankan oleh para pemimpin perang yang gagah berani, seperti Pangeran Hidayatullah Demang Lehman, Tumenggung Gamar, Kiai Puspa Yuda Negara dan pahlawan wanita Kiai Cakrawati.

Gunung Pamaton memiliki Pesona

Gunung Pamaton ini memiliki keindahan dan suara air mengalir deras pun terdengar jelas yang begitu menenangkan hati. Santai sembari menikmati keindahan alam ciptaan sang pencipta, Sob, kalau mau camping di Gunung pamaton juga bisa kok. Tapi ingat, sikap harus dijaga ya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, wajarkan kalau kita harus menjaga sikap, semua bukit, gunung pun sama.

Baca artikel : Wisata Sejarah Benteng Oranje Nassau

Melihat sisa-sisa peninggalan sejarah yaitu Prasasti Gunung Pamaton yang saat itu diresmikan oleh Pangeran Muda Kesultanan Banjar. Terlepas dari cerita sejarah dan sedikit mistis, Gunung Pamaton memiliki Pesona.

Ketika tiba diatas bukit pamaton, kalian akan melihat pemandangan pegunungan Meratus yang begitu memepesona. Ditambah hembusan angin sepoi-sepoi menambah suasana sejuk, santai, dan tenang. cocok untuk kalian yang ingin sekadar menghilangkan kebosanan di Kota.

Tentu dong tidak lupa untuk kalian mengabadikan momen seru karena cukup lama melakukan perjalanan ke gunung pamaton, dijamin kalian akan balik lagi. Untuk sobat yang ingin kesini jangan lupa barang diperhatikan seperti makanan atau cemilan. dan jangan mengambil apapun kecuali gambar, jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak.

Jejak langkah gngpamaton

Media referensi wisata kalimantan selatan Install sekarang #visitkalseldotcom di Google Play Store

Write a review

Your Rating
angry
crying
sleeping
smily
cool
Browse

review kami sarankan untuk memiliki setidaknya 140 karakter :)