Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Hai sobat #visitkalseldotcom, selamat tahun baru 2020 ya, Apakah semua cita-cita dan harapanmu di tahun 2019 sudah tercapai semua? Jika belum jangan bersedih sob, mungkin di tahun yang baru ini kamu dapat mewujudkan semua cita-cita yang belum terwujud. Bulatkan tekad dan susun kembali semangat untuk menyongsong hari yang baru. Mungkin kamu juga butuh beberapa harapan dan doa.

Sobat lagi berada di Kalimantan Selatan, wajib coba merasakan sensasi petualangan di alam kalimantan selatan dengan mengunjungi Air Terjun Mandin Damar, Pesona tersembunyi di balik rimbunnya Hutan.

images via Hilmi

Bagi sobat yang menyukai petualangan di alam bebas, air terjun mandin damar tepat di tengah hutan, maka akan sangat mengasyikkan dan menantang. Letaknya yang cukup jauh dari pemukiman warga, membuat alam di sekitarnya tampak alami sob.

Baca destinasi wisata : Goa Liang Bangkai, Goa Cantik di Tanah Bumbu

Air terjun mandin damar ini menciptakan pesona keindahaan alam bagi pengunjung yang datang, ketika menuju air terjun damar, sobat akan disuguhkan oleh keindahan alam sekitarnya yang begitu memanjakan mata.

Jika sobat #visitkalseldotcom ingin mengunjungi air terjun mandin damar, lokasinya berada di km 77 Desa Gunung Raya, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Bahkan air terjun damar ini memiliki tinggi (±) 10meter dan memiliki lebar antara (±)14-18meter. Bisa dibilang air terjun ini masih sangat asri, karena dikelilingi hutan yang rindang.

Sobat tidak perlu ragu untuk mencoba berenang dengan jarak aman (±) 2meter dari debit air terjun, pastikan juga melihat kondisi alam ya, lebih baik untuk cari aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, karena di bagian bawah air terjun cukup dalam atau sekadar minum air untuk menghilangkan dahaga, aman dan airnya sangat jernih.

images via irfan islami

Jika sobat dari Kota Banjarbaru, akses terdekat bukan dari Kabupaten Tanah bumbu, tetapi dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kota Kandangan. Dengan jarak tempuh Banjarbaru-Kandangan sekitar dua setengah jam jika naik kendaraan pribadi dan kendaraan umum, mobil L300 atau biasa disebut warga lokal banua sebagai Taksi Hulu Sungai.

Baca destinasi wisata : Wisata Pantai Pagatan dengan Pesonanya

Setibanya di Kota Kandangan, sobat langsung melaju ke Desa Lumpangi di Kecamatan Loksado. Tiba di pertigaan Desa Lumpangi, terus saja sampai masuk ke Jalan Trans Kandangan-Batulicin menuju Desa Gunung Raya. Ini merupakan jalan pintas untuk menuju air terjun mandin damar sob.

images via fthrrhmn

Bahkan, buat sobat yang ingin camping di sekitar air terjun mandin damar bisa juga, asalkan ada laporan dulu ke kepala desa. untuk kendaraan pribadi bisa juga sih diajak masuk dalam hutan, tapi tidak kami sarankan, karena tidak mengasyikkan sob. lebih baik motor di parkirkan di rumah warga sekitar desa gunung raya aja ya sob.

Bagimana sobat? tertarik untuk mengunjungi waterfall mandin damar ini, pastinya dong, jangan lupa untuk mengabadikan momen perjalanan ya bagi yang hobi foto sangat cocok, dan hal yang terpenting untuk selalu diingat bagi sobat, jangan membuang sampah sembarangan dan jangan ambil apapun selain gambar.

Visitkalsel.com adalah Sebuah platform media traveling kalimantan selatan, tidak hanya sekadar membahas objek wisata daerah dan destinasi umum, tetapi juga mengulas sisi-sisi lain yang mungkin bermanfaat bagi kalangan nonwisatawan.