Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Pesona Air Terjun Lano Tabalong Kalimantan Selatan

 

Be the first to review

VISITKALSEL.COM , Pesona Air Terjun Lano di Kalimantan selatan. Walaupun lokasi air terjun lano berada di tengah hutan Kalimantan, tidak memudarkan daya tarik air terjun ini untuk dikunjungi, karena menyuguhkan dan memanjakan para pengunjungnya dengan suasana, udara yang begitu sejuk saat melakukan perjalan menuju air terjun Lano.

Instagram foto Lukas Agung Nugroho

Lokasi Air Terjun Lano

Air Terjun Lano Tabalong terletak di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Tepatnya di Jl. Tj. – Kuaro, Lano, Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Lano

Rute perjalanan menuju Air Terjun Lano ini terbilang cukup mudah. Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dengan berangkat dari Kabupaten Tabalong atau secara umum dari bagian Kalimantan selatan lainnya, akses utama untuk menuju Desa Lano cuma satu yaitu jalan Trans Kalsel-Kaltim menuju ke arah Kalimantan Timur karena Desa Lano berada dekat dengan perbatasan Kalsel-Kaltim.

Baca juga wisata : Keindahan dan daya tarik Goa Liang Tapah Tabalong

Dari kota tabalong perjalanan diawali dengan menuju pertigaan Jalan Tj. –Kuaro. Di pertigaan itu ambil belok kiri. Perjalanan dilanjutkan dengan terus mengikuti jalan ini sepanjang sekitar 21 km. Pintu gerbang desa terletak di sebelah kanan Jalan.

Setelah sampai di Desa Lano, pengunjung bisa melihat sepanduk yang bertuliskan informasi mengenai keberadaan Air Terjun Lano di situ titik pengunjung harus meletakkan kendaraan. Rute selanjutnya yaitu tracking sekitar 800 meter.

Visitkalsel.com adalah Sebuah platform media traveling kalimantan selatan, tidak hanya sekadar membahas objek wisata daerah dan destinasi umum, tetapi juga mengulas sisi-sisi lain yang mungkin bermanfaat bagi kalangan nonwisatawan.

FAQs

Q Fasilitas Air Terjun Lano

Pengelola Air Terjun Lano tampaknya memperhatikan dengan serius kebutuhan akan kenyamanan bagi para pengunjung di lokasi ini. Fasilitas umum yang disediakan cukup baik. Fasilitas umum pertama yaitu WC dan kamar mandi. Kamar mandi yang ada di sini juga sangat baik. Selain untuk buang air kecil dan besar, kamar mandi juga berfungsi sebagai ruang ganti, para pengunjung yang ingin mengganti pakaian yang basah setelah bermain air di sekitar air terjun.

Fasilitas umum yang lain yaitu keberadaan jembatan-jembatan kecil untuk menyeberangi sungai dan tempat peristirahatan yang ada di jalan menuju air terjun juga sangat baik.

Q Aktivitas Menarik di Air Terjun Lano

Trekking
Air terjun yang indah
Alam yang Asri

Q Tips Mengunjungi Air Terjun Lano

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat merencanakan kunjungan ke Air Terjun Lano. Berikut beberapa diantaranya:

Pilih waktu kunjungan pada musim kemarau. Mengingat ini adalah wisata air dan ada unsur trekking, kunjungan saat musim hujan bisa sangat menyulitkan akibat jalan yang licin. Selain itu juga menjaga resiko banjir mendadak di air terjun.

Gunakan alas kaki yang nyaman. Jangan menggunakan alas kaki dengan alas licin apalagi sandal jepit. Akan sangat menyulitkan saat melakukan trekking menyeberangi sungai-sungai kecil.

Bawa bekal minum dan snack. Setelah sampai di air terjun dengan melalaui perjalanan 800 m, tentu akan terasa haus. Minum air putih dan sedikit snack bisa memulihkan stamina untuk menyiapkan badan menikmati keindahan air terjun.

Pastikan baterai HP tercash penuh dan bawa power bank. Akan sangat rugi jika sampai tidak bisa foto-foto di lokasi seindah ini hanya karena baterai lupa terisi.