Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Pantai Tanjung Dewa, Kalimantan Selatan, Tanah Laut

 

Be the first to review

Pada umumnya pantai di Kalimantan selatan digaris oleh pantai yang berpasir, berbeda dengan kondisi topografi di Pantai Tanjung Dewa yang terdiri dari dua kontur garis pantai yaitu ada yang berpasir dan ada yang berkarang.

Bentangan karang pada tepi pantai Tanjung Dewa begitu mempesona ditambah dengan pohon-pohon ketapang yang telah berusia puluhan tahun.

Baca juga artikel : Menikmati Keindahan Pantai Takisung

Berpijak pada hamparan karang dan memandang luas ke lautan maka akan kita temuka pemandangan landscape pantai dan laut secara bersamaan. Tidak hanya itu saja, selain bisa menikmati keindahan laut dan pantai kita juga bisa menikmati keindahan pegunungan dari kejauhan. Saat cuaca cerah lekuk-lekuk gunung akan sangat jelas terlihat.

Di Pantai Tanjung Dewa kita akan disuguhkan dengan lambaian pohon kelapa yang menjulang tinggi dan menemukan perahu-perahu nelayang yang berjejer rapih dengan cat warna warni dan siap berlayar baik untuk mengangkut penumpang menuju ke pulau seberang maupun untuk mencari ikan.

Nampak dari pantai Tanjung Dewa ada terdapat pulau kecil yang biasa disebut warga dengan sebutan Pulau Datu. Di pulau ini terdapat makam seorang wali yang disebut dengan Datu Pamulutan yang sering diziarahi oleh masyarakat. Datu Pamulutan ini bukan nama asli beliau melainkan hanya sebutan/gelar yang diberikan masyarakat karena semasa hidup beliau suka mamulut (cara berburu dengan menggunakan getah, biasanya untuk berburu unggas) burung.  

Baca juga artikel : Bukit Timah Desa Batakan, Panyipatan, Tanah Laut

Menurut cerita warga setempat dahulunya pulau Datu dan pantai Tanjung Dewa merupakan satu kesatuan, namun karena proses alam maka akhirnya pulau Datu dan pantai Tanjung Dewa terpisah.

Jika kita ingin ke Pulau Datu kita tinggal menyewa perahu yang ada disana. Kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena biayanya hanya Rp 150.000 (harga bisa berubah) biaya penyewaan perahu pulang pergi ke Pulau Datu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Selain bisa menikmati wisata alam kita juga bisa menikmati wisata religius disana. Para peziarah yang datang dari berbagai daerah baik warga kalsel hingga kalteng memadat di hari minggu ataupun pada bulan maulut

Visitkalsel.com adalah Sebuah platform media traveling kalimantan selatan, tidak hanya sekadar membahas objek wisata daerah dan destinasi umum, tetapi juga mengulas sisi-sisi lain yang mungkin bermanfaat bagi kalangan nonwisatawan.

FAQs

Q Pantai Tanjung Dewa

+Lokasi Pantai Tanjung Dewa terletak di Tanjung dewa, Kecamatan Tanjungdewa, Kabupaten Tanah Laut.
+Rute menuju ke lokasi pantai ini dari Kota Banjarbaru yang ditempuh sekitar 2 jam atau sekitar 25 km.
+Ketemu Bundaran Simpang Empat Banjarbaru belok kanan arah tanjung dewa, ikuti jalan hingga pantai tanjung dewa. (gunakan penunjuk arah melalui web visitkalsel_id)
+Terdapat jalan tanah ketika mendekati parkir mobil pantai tanjung dewa.

Q Referensi Bacaan

Blog;
riam-faradigma
azizahnstion