Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Event
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Klenteng An Hwa Tian Bangunan tertua di kotabaru

 

Be the first to review

Visitkalsel.com – Hei sobat #visitkalseldotcom, lagi di Kotabaru, Kalimantan Selatan? Kalian wajib nih jalan-jalan ke Klenteng An Hwa Tian yang merupakan bangunan tertua di Kotabaru berdiri sejak tahun 1895, dan bermula dari bangunan berbahan kayu namun seiring berkembangnya zaman, kelenteng ini pun direnovasi berbahan semenisasi, dengan arsitektur yang sangat indah hingga memukau bagi setiap pengunjung yang datang, tidak jarang juga warga Saijaan Kotabaru menjadikan Klenteng An Hwa Tian sebagai objek photo.

Images by instagram

Mungkin sebagian sobat #visitkalseldotcom pasti tahu kalau setiap kelenteng memiliki bangunan yang beragam, namun sering dilihat pasti menggunakan rwarna merah yang mencolok, karena dalam tradisi masyarakat Tionghoa warna memiliki arti tersendiri seperti warna merah melambangkan keberhasilan, kegembiraan dan kebahagiaan.

Oiya sobat, warna merah juga menjadi warna dasar yang katanya mampu membuat suasana menjadi hangat, bersemangat dan memberi sentuhan semarak khususnya pada perayaan hari tahun baru Imlek, yang merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa.

Baca juga destinasi wisata : Pesona Wisata Pantai Teluk Tamiang Kotabaru

Klenteng An Hwa Tian ini memiliki gaya Lukisan serta tekstur yang di ambil dari cina kuno, tentu dengan gambar naga yang melambangkan binatang yang baik hati, sangat perkasa dan penguasa udara. Dan lilin di dalam klenteng dari ukuran kecil sampai yang besar selalu dinyalakan khususnya pada perayaan imlek, dipercaya nantinya sepanjang tahun rezeki selalu terang.

Tahu tidak sobat, ternyata lilin-lilin di Klenteng An Hwa Tian tersebut mempunyai nama yaitu, lilin panjang umur, lilin murah rezeki dan lilin perjodohan, yang mana biasanya pada perayaan imlek warga Tionghoa mempunyai beberapa tradisi yang masih dilakukan diantaranya tradisi bunga Mei Hua, adalah pertanda datangnya musim semi tradisi saji jeruk kuning, apel dan pear jeruk berarti besar rezeki.

Images via instagram

Baca juga destinasi wisata : Objek Wisata Meranti Forest Park

Sobat pasti kenal dengan barongsai dan naga, merupakan tradisi tarian yang dianggap mendatangkan kebaikan, kesejahteraan, kedamaian dan kebahagiaan, bagi warga Tionghoa.

Terlepas dari tradisi dan budaya tionghoa, Klenteng An Hwa Tian di Kotabaru bisa dijadikan referensi sobat untuk mengenal budaya mereka dan tentu bisa izin untuk mengambil foto yang unik. dan hal yang terpenting jangan membuang sampah sembarangan dan jangan ambil apapun selain gambar.

Media referensi wisata kalimantan selatan Install sekarang #visitkalseldotcom di Google Play Store