Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Event
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Keindahan Pantai Sungai Cuka, Wisata Menarik yang tidak boleh terlewatkan

 

Be the first to review

Visitkalsel.com, Keindahan Pantai Sungai Cuka, Masih banyak tempat wisata menarik dan keren berupa pantai yang tidak boleh kamu lewatkan jika berada di Kalimantan Selatan Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Pantai Sungai Cuka.

Images via @ahmadfarqani

Pantai Sungai Cuka ini lokasinya terletak di Sungai Cuka, Kec. Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan 70883. Jika soba ingin pergi ke lokasi Pantai Sungai Cuka ini, kamu harus menempuh perjalanan (±) 100 kilometer dari ibukota Kabupaten Tanah Bumbu. Di Pantai Sungai Cuka ini kamu akan disuguhkan keindahan terumbu karang yang dapat kamu lihat dengan menggunakan perahu atau perahu milik para nelayan setempat sob.

Air di pantai sungai cuka memang tidak begitu jernih tapi masih bersih dan bisa menjadi hiburan sobat bersama keluarga jika ingin bermain air atau sekadar melepas penat karena rutinitas yang selalu berulang.

Asal-Usul Nama Pantai Sungai Cuka

Menurut cerita penduduk sekitar, pantai ini dulunya bernama pantai Sungai Suka. Nama itu diberikan dengan alasan bahwa jaman dulu setiap akhir tahun, orang-orang ramai berdatangan hanya untuk berdagang. Mereka berasal dari Masyarakat Tabunio, Takisung.

Karena masyarakat Tabunio merasa senang dengan kondisi alam dan kegiatan mereka di lokasi pantai sungai cuka, maka dari itu tersebutlah pantai ini sebagai pantai Sungai Suka.

Di sekitar pantai ada beberapa tanaman pohon asam dan rasa buahnya asam, atau cuka. Entah siapa dan mulai kapan memulainya, lambat laun nama pantai ini menjadi pantai Sungai Cuka.

Aktivitas Menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sungai Cuka

Berada di perbatasan antara Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut pantai ini masih bisa dikatakan sangat alami. Ketika berada di pantai Sungai cuka, suasana akan terasa tenang dan indah.

Pasir pantai yang berwarna abu-abu dengan kontur pantai yang landai. Untuk air laut di pantai ini, airnya sangat jernih. cocok untuk bermain air bersama keluarga dan menghabiskan waktu hingga sore hari, dengan hamparan cahaya senja. Tepat kiranya jika banyak pengunjung menilai bahwa pantai ini adalah tempat yang nyaman untuk bermain air dan pasir.

Images via @suanang_gumbili

Sobat nantinya akan melihat deretan ban luar mobil raksasa di bagian pantai, ini memang sengaja dipasang oleh pengelola pantai. Deretan ban ini sebagai barier, berfungsi sebagai pemecah ombak sob.

Ada hamparan terumbu karang yang tumbuh dengan luas kurang lebih 2 Km. Dengan menggunakan perahu cepat ataupun perahu nelayan, lokasi itu bisa dicapai dalam waktu waktu tempuh 15 menit. Di lokasi ini hanya dengan berdiri di pantai saja, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang, luar biasa memang pantainya.

Pada beberapa titik, terumbu karang itu bukan hanya bisa dilihat. Beberapa terumbu karang bahkan muncul di permukaan ketika air surut sob. Sehingga sangat memungkinkan untuk bisa mengamati dengan sangat dekat, tanpa harus membasahi diri dengan menyelam.

Nuansa Seperti ada di Bali

Sentuhan Bali ini di pantai Sungai cuka, Keberadaan aroma warga Bali yang bermukim di sekitar pantai sungai cuka, sudah terasa sejak dari perjalanan menuju pantai. Hal ini sebagai efek dari program transmigrasi pemerintah di tahun 80-an.

Images via @henneipuspita_

keberadaan pohon yang rindang di area pantai sungai cuka bisa dimanfaatkan untuk bersantai dengan hammock sobat.

Suasana Bali bisa dilihat pada rumah-rumah dengan ornamen gaya Bali. Bisa dilihat nantinya oleh sobat dari pintu gapura rumah yang memakai angkul angkul berukir cat Merah bata. Sampai dengan pelinggih keluarga yang ada di setiap rumah.

Pengunjung yang punya waktu, bisa berhenti sejenak di tepi jalan dan berfoto di depan salah satu rumah itu. Berfoto di depan pintu gerbang salah satu pura yang ada di lokasi ini bisa menimbulkan kesan seperti berada di Bali.

Gimana sobat, tertarik untuk mengunjungi Pantai Sungai Cuka? tentu dong memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai tujuan wisata yang selain menghibur juga ada unsur yang edukatif.

Media referensi wisata kalimantan selatan Install sekarang #visitkalseldotcom di Google Play Store

FAQs

Q Lokasi Pantai Sungai Cuka

Pantai Sungai Cuka merupakan salah satu pantai yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan yang terletak di Sungai Cuka, Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari pusat kota kabupaten Tanah Bumbu, Pantai ini berjarak 103 km. Sedangkan dari kota provinsi, Banjarmasin, pantai indah ini berjarak 167 km.

Q Rute Menuju Pantai Sungai Cuka

Jika perjalanan dimulai dari kota Kabupaten Tanah Bumbu, tepatnya kantor bupati rute perjalanannya sebagai berikut.

Ke arah selatan di Jl. Dharma Praja sejauh 6,6 km. Kemudian Belok kanan ke Jl. Ahmad Yani atau juga dikenal dengan nama Jl. Batulicin – Pelaihari. Tetap di rute ini sejauh 10,6 km. ketika bertemu pertigaan jalan mangkubumi, ambil Belok kiri ke Jl. Mangkubumi. Sejauh 140 meter, Belok kanan ke Jl. Ahmad Yani Pagatan.

500 meter di jalan ahmad yakni, kemudian Belok kanan, tetap di jalan Mangkubumi sejauh 1,9 km. Kembali masuk ke Jalan Jl. Ahmad Yani. Susuri terus jalan ini sepanjang 76 hingga.

Sampai di depan kantor Desa Sungai Cuka, ambil arah kiri pada pertigaan itu. Dari pertigaan itu jarak pantai sungai cuka sekitar 7 km lagi.

Q Tiket Pantai Sungai Cuka

Untuk memasuki pantai nan indah ini pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Gratis. Pengunjung hanya perlu menyediakan uang untuk membayar parkir kendaraan, yang tarifnya normal seperti umumnya parkir di tengah pasar atau tempat umum lainnya.

Q Fasilitas Pantai Sungai Cuka

Di tepi pantai Sungai Cuka, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola. Untuk fasilitas publik yang bsia diakses secara gratis tersedia lokasi parkir, toilet, dan gazebo.

Sedangkan untuk fasilitas berbayar, tersedia Cottage Inn, Cafe Joeluck, Banana Boat, Snorkeling, Engine ATV, dan juga Perahu Tradisional Katir.

Café dan warung makan di sekitar pantai menyediakan menu berbagai Makanan Khas Banjarmasin.

Write a review

Your Rating
angry
crying
sleeping
smily
cool
Browse

review kami sarankan untuk memiliki setidaknya 140 karakter :)