Apa
  • Akomodasi
  • Camp Rent
  • Komunitas
  • Kuliner
  • Nongkrong
  • Operator
  • Pemerintah
  • Warkop
  • Wisata
Dimana

Balai Adat Malaris Hulu Sungai Selatan

 

Be the first to review

Visitkalsel.com – Ketika traveler kebetulan sedang berada di desa Loklahung, kecamatan Loksado – kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Sobat jangan lupa untuk mengunjungi Balai Adat Malaris yang merupakan rumah adat penduduk Suku Dayak Meratus.

Foto dari Noor Syamsu

Rumah Adat Suku Dayak Meratus

Balai Adat Malaris adalah rumah adat Kalimantan berupa rumah panggung yang mempunyai bentuk memanjang. Balai Adat Malaris Panjangnya mencapai 45 meter, membuat Balai Adat Malaris merupakan balai adat terpanjang yang dimiliki Suku Dayak Meratus.

Dindingnya berupa anyaman bambu, sementara dibagian dalamnya terdapat kamar-kamar berukuran kecil pada bagian sisinya. Ada sedikitnya 40 kamar/bilik didalam rumah adat ini. Dibagian tengah rumah adat terdapat ruangan luas yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan upacara adat.

Upacara Adat Aruh Ganal

Salah satu upacara adat yang terkenal disini adalah Aruh Ganal (upacara besar), yang dilakukan usai panen raya. Ruangan tengah balai adat biasa dipakai untuk upacara adat Suku Dayak Meratus

Upacara ini merupakan upacara pengucapan syukur atas hasil panen yang berlimpah kepada roh para leluhur. Acara Aruh Ganal sendiri jika berlangsung bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Untuk itulah adanya kamar/bilik-bilik dimaksudkan untuk menampung warga Suku Dayak Meratus yang terlibat dalam acara ini.

Visitkalsel.com adalah Sebuah platform media traveling kalimantan selatan, tidak hanya sekadar membahas objek wisata daerah dan destinasi umum, tetapi juga mengulas sisi-sisi lain yang mungkin bermanfaat bagi kalangan nonwisatawan.

FAQs

Q Balai Adat Malaris

Balai Adat Malaris adalah rumah adat Kalimantan berupa rumah panggung yang mempunyai bentuk memanjang. Balai Adat Malaris adalah sebuah bangunan suku dayak yang terletak di desa Lok Lahung, Kecamatan Loksado, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Q Upacara Adat

Balai Adat Malaris merupakan bangunan yang di peruntukkan bagi Suku Dayak Malaris untuk melakukan ritual-ritual khusus seperti aruh adat. Panjang Balai Adat Malaris mencapai sekitar 45 meter dan merupakan balai adat terpanjang di Kecamatan Loksado.

Q Rumah

Dahulu Balai Adat Malaris ditinggali oleh beberapa keluarga sekaligus, namun seiring berkembangnya zaman balai ini tidak di fungsikan lagi sebagai tempat tinggal.

Q Referensi Bacaan

Terima kasih kepada :

jelajahlangkah.com
meratusgeopark.org
wikipedia.org
warga lokal banua