Follow Me

Pages

Saturday, December 26, 2015

Nenek Usia 83 Tahun Ikut "Baayun Maulid"



  

Banjarmasin, 24 Des 2015 || 

Sebanyak kurang lebih 242 peserta tampak antusias mengikuti prosesi tradisi “Ba’ayun Maulid” yang digelar di halaman mesjid tertua di Banjarmasin, Mesjid Bersejarah Sultan Suriansyah , Kuin Utara Banjarmasin pada Rabu pagi 24 Desember 2015.


 
“Ba’ayun Maulid” adalah sebuah tradisi masyarakat Banjar dalam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Hijriyah. Selain sebagai bentuk puji-pujian dan penghormatan kepada Nabi Muhammad S.A.W, upacara ini juga memiliki makna untuk mengenalkan bayi agar mencintai Rasulullah sejak dalam ayunan, namun uniknya peserta “Ba’ayun Maulid” ini tidak hanya diikuti para bayi saja melainkan lintas usia, dari laporan panitia pelaksana, tercatat peserta termuda tahun ini berusia 14 hari dan peserta tertua tercatat sudah menginjak usia 83 tahun.

Nenek Juhrah (83 Tahun) peserta tertua asal Gambut

Dalam sambutannya, Penjabat Walikota Banjarmasin. Drs. H.M. Thamrin, M.Si, akan menyampaikan rekomendasi kepada Walikota terpilih dan kepada dinas terkait agar kegiatan ini bisa  terus menjadi agenda tahunan dan mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan.

Pj Walikota Banjarmasin ikut "Baayun Maulid"
Sekadar diketahui, meskipun Upacara ini merupakan tradisi turun temurun, namun pelaksanaan Upacara Tradisi Ba’ayun Maulid secara massal di Banjarmasin baru dilakukan  dalam 3 tahun terakhir. Untuk itu perlu ditingkatkan kepedulian masyarakat dan pemerintah dalam menjaga serta melestarikan sebuah tradisi unik ini agar pelaksanaan di tahun tahun berikutnya dapat berjalan lebih meriah yang nantinya menjadi salah satu magnet penarik minat wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kalimantan Selatan. (VK)

Wisman asal Canada dan New Zealand



*PS: Mohon maaf, admin agak jarang update blog, untuk update terbaru dan tercepat bisa intip Twitter dan Instagram: @visitkalsel


 

1 comment:

 

@visitkalsel on Twitter



@visitkalsel on Instagram


 
Blogger Templates