Follow Me

Pages

Monday, October 26, 2015

Kontes Jukung Hias Tradisional 2015





Berbagai upaya terus dilakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan keberadaan Pasar Terapung yang kini semakin tergerus zaman. Salah satunya yang baru saja digelar oleh Pemkab Banjar melalui Disbudparpora Kab. Banjar yaitu Kontes Jukung Hias Tradisional 2015 pada tanggal 24 Oktober lalu yang bertempat di Objek Wisata Pasar Terapung Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.




Tidak kurang sebanyak 300 pedagang tercatat sebagai peserta dalam kontes yang pertama kali diadakan di Kabupaten Banjar ini. Dalam sambutannya Kadisbudparpora Kab. Banjar mencanangkan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan dan menargetkan 1000 peserta dalam kontes selanjutnya.


Kontes dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Tarmizi Abdul Karim, serta dihadiri oleh Kadisporbudpar Prov. Kalimantan Selatan, Mohandas H. Hendrawan, Sekda Kab. Banjar, Pimpinan Banjarmasin Post Group HG. Rusdi Effendi, Datu Mangku Adat H. Adjim Arijadi, para seniman, budayawan dan masyarakat umum, termasuk wisnus dan wisman yang sengaja berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan.


Dalam sambutannya Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan berpesan agar para pedagang di Pasar Terapung diberikan pembekalan keterampilan berdagang khususnya untuk menghadapi para wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.


Sebagai warga lokal, kita patut berbangga karena memiliki sebuah tradisi yang berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu, sebuah kearifan lokal yang terus bertahan di tengah kemajuan zaman, sebuah destinasi wisata asli tanpa dibuat-buat dan tidak banyak ditemukan di daerah lain. (admin)

1 comment:

 

@visitkalsel on Twitter



@visitkalsel on Instagram


 
Blogger Templates