Follow Me

Pages

Sunday, August 23, 2015

[Review] Perjalanan ke Shelter Kembar, Desa Belangian



25-26 Juli 2015 lalu "South Borneo Travellers" kembali ngetrip ke Desa Belangian, Kec. Aranio, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan, kali ini tujuannya adalah ngecamp di "Shelter Kembar" sebuah shelter yang menjadi muara buat mereka yang ingin memasuki Lembah Kahung. Perjalanan ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun "South Borneo Travellers" yang ke-2.


Diawali obrolan saat kopdar buat ngetrip “cantik”, akhirnya dipilihlah Shelter Kembar sebagai tujuan kali ini, bukan tanpa alasan sebenarnya, karena 2 tahun lalu South Borneo Travellers juga sudah pernah ngetrip ke sini, jadi hitung-hitung reuni sekaligus merayakan ulang tahun ke-2 komunitas ini.

Sedikit informasi destinasi ini, di Desa Belangian, Kec. Aranio, Kab. Banjar terdapat sebuah tujuan wisata yang disebut dengan Lembah Kahung yang memiliki track hutan yang masih alami dan terdapat air terjun di sana. Dalam perjalanan menuju Air Terjun Kahung, terdapat beberapa Shelter atau tempat peristirahatan, Shelter pertama adalah Shelter Kembar yang menjadi muara sebelum memasuki Lembah Kahung. Nah, shelter inilah yang menjadi tujuan trip kali ini.

Perjalanan diawali pada Sabtu pagi tanggal 25 Juli 2015, meeting point-nya adalah Dermaga Riam Kanan yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor roda dua dari Banjarmasin. Sekitar Pkl. 10.00 Wita sebanyak 22 anggota South Borneo Travellers sudah berkumpul di meeting point dan langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal motor atau biasa disebut “Klotok” yang sudah kami carter sebelumnya. 



1,5 jam perjalanan menggunakan “Klotok”, kami tiba di dermaga Desa Belangian, Kec. Aranio, Kab. Banjar, dari dermaga kami langsung menuju desa dengan jalan kaki sekitar 15 menit untuk lapor ke petugas setempat, sayangnya saat itu penjaganya tidak ada di tempat, jadi langsung kami lanjutkan perjalanan menuju Shelter Kembar. Panasnya matahari karena trekking kurang lebih 2 jam di siang bolong langsung terbayarkan setelah kami sampai di Shelter Kembar, kami disapa udara sejuk, angin yang berhembus kencang dan aliran sungai Kahung yang segar.




Aktivitas selanjutnya adalah memasang tenda dan hammock di sekitar Shelter sampai jelang sore, berikutnya tanpa komando, masing-masing menikmati indahnya alam desa Belangian. Ada yang mandi di aliran sungai yang jernih, (saat itu debit airnya berkurang karena kemarau), ada yang memancing, dan ada juga yang leyeh-leyeh pake hammock sambil menikmati belaian angin pegunungan.

Setelah malam tiba, sesi yang ditunggu-tunggu adalah sesi tiup lilin dan potong kue ulang tahun (salut sama perjuangan berat temen-temen bawa kue ini biar tetap utuh dari Banjarmasin sampe ke Shelter Kembar).




Do’a bersama, tiup lilin, potong kue, makan bersama dan ngobrol santai menutup hari pertama perjalanan kami.

Hari kedua, Minggu, 26 Juli 2015, pagi-pagi sekali kami sudah bangun dan ngelanjutin aktivitas masing-masing, termasuk “setor”..hehe..


Mandi pagi, mancing ikan, sarapan dan kemudian dilanjutkan dengan beres-beres tenda, hammock, dan mengumpulkan sampah. Sekitar jam 11 pagi kami kembali menuju desa Belangian. Di Desa Belangian istirahat sebentar di warung warga di sana untuk melepas dahaga karena teriknya cuaca siang itu. Selanjutnya kami kembali ke dermaga desa Belangian, sempat menunggu sebentar “Klotok” carteran kami akhirnya tiba dan kembali membawa kami ke dermaga Riam Kanan. Sekitar jam 5 sore kami tiba di Dermaga Riam Kanan dan kembali ke Banjarmasin.





Video trip kali ini bisa diintip di bawah ini:


Well, selamat ulang tahun yang ke-2 "South Borneo Travellers", bukan lagi sebagai sebuah komunitas, tapi keluarga yang dipertemukan karena visi dan misi yang sama, terus berjalan dan terus menebar energi positif buat Kalimantan Selatan.


Thanks to:
-          Amang Yuli, pemilik Klotok
-          Sekdes dan warga Desa Belangian, Kec. Aranio, Kab. Banjar.
 


2 comments:

  1. kerenn,,
    semangat terus untguk Negri dan Banua khususnya,,
    terus tularkan racun positiv dan peduli lingkungan pada generasi yang mendatang..
    Dirgahayu "South Borneo Travellers" yg ke-2,semakin kompak dan jaya selalu.

    #Salam Konservasi

    ReplyDelete

 

@visitkalsel on Twitter



@visitkalsel on Instagram


 
Blogger Templates