Follow Me

Pages

Sunday, June 21, 2015

#repost: Angsana Beach Clean Up (30-31 Maret 2014)

#Repost
=======
Berawal dari keprihatinan rekan-rekan South Borneo Travellers terhadap kondisi Pantai Angsana, Kab. Tanah Bumbu dewasa ini mencetuskan sebuah aksi bersih-bersih Pantai Angsana yang diberi nama #AngsanaBeachCleanUp.

Dengan modal nekat, dengan banyak pertanyaan menggelantung di benak masing-masing, bakalan bisa ngga yaa bersihin pantai Angsana? Banyak ngga yaa yang dukung kegiatan ini? Berapa orang kira-kira yang mau ikutan aksi ini? Transportnya gimana? Konsumsi peserta gimana? Dan berbagai pertanyaan lainnya, akhirnya diputuskan kegiatan #AngsanaBeachCleanUp dilaksanakan tanggal 30-31 Maret 2014.

Beberapa meeting awal dilakukan, pembentukan panitia kecil, hingga publikasi di beberapa media seperti di Group Facebook: South Borneo Travellers, blog: wisatakalimantanselatan.com, twitter: @visitkalsel, sampe on air di @sky893fm dilakukan panitia untuk menyebarkan semangat positif dari kegiatan ini.

Terhitung kurang lebih 2 minggu dari persiapan hingga hari H, tercatat kurang lebih 60 peserta mengikuti kegiatan ini, peserta ternyata sangat beragam domisilinya, dari Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Pleihari, Batu Licin,Kandangan, Balangan bahkan Kapuas (Kalteng) dan pulau luar Kalimantan, WOW!

Hari pelaksanaan pun tiba, Tanggal 30 Maret 2014 pkl. 07.00 Wita peserta dari Banjarmasin berangkat bersama menuju Pantai Angsana Kab. Tanah Bumbu yang ditempuh sekitar 5 jam perjalanan, ada yang menggunakan mini bus, ada juga yang touring menggunakan sepeda motor.

Pkl. 13.00 Wita peserta tiba di Pantai Angsana, beristirahat dan bersantai sejenak menikmati semilir angin pantai, peserta berkumpul di dekat tenda yang sudah didirikan oleh beberapa panitia yang sehari sebelumnya sudah sampai di pantai Angsana, berkenalan satu sama lain dan makan siang bersama kami lakukan sebelum memulai aktivitas bersih-bersih pantai.

Selesai makan siang, panitia dan peserta yang menggunakan dress code berwarna merah ini segera bersiap memulai bersih-bersih Pantai Angsana, di mulai dari dermaga Angsana, peserta menyisir pantai dengan membawa trash bag masing-masing.

on your mark, get set, and goooooo..!!
Melihat aksi Pasukan Merah yang bersih-bersih di Pantai Angsana, tentunya menarik perhatian warga setempat dan pengunjung yang datang saat itu, well, tidak semua tertarik memang, ada yang malah mengolok-olok, menertawakan, tapi tidak sedikit juga yang ikut membantu. 

#AngsanaBeachCleanUp
#AngsanaBeachCleanUp

Sekitar Pkl 17.30 Wita kegiatan bersih-bersih Pantai Angsana selesai, sekitar 49 trash bag terkumpul, bayangin..! 49 trash bag terkumpul dalam waktu yang singkat, padahal kami yakin itu belum semua sampah yang terangkut, masih banyak sampah di berbagai sudut yang bisa terlihat.

#AngsanaBeachCleanUp
#AngsanaBeachCleanUp
sampah yang terkumpul
 
Disadari memang, pasukan kecil ini masih ngga sebanding dengan jumlah sampah yang terus diproduksi oleh wisatawan, penjual, atau warga setempat, tapi setidaknya ada sedikit pesan yang kami sampaikan, ada sedikit ajakan untuk kita agar lebih sadar wisata, sedikit sentilan agar kita menjadi wisatawan yang lebih bertanggung jawab.

warning sign
 
Harapan besar tentunya semoga banyak pihak lain yang nantinya mengadakan hal serupa atau hal yang lebih hebat lagi demi kemajuan Pantai Angsana dan objek wisata di Kalimantan Selatan lainnya, “Pian nyaman, ulun nyaman, kita seberataan nyaman mun barasih…”

Kegiatan bersih-bersih selesai, peserta diberi waktu bebas untuk menikmati Pantai Angsana hingga waktu makan malam tiba, ada yang berenang di pantai, main bola, berjalan-jalan menyusuri pesisir, membiarkan angin pantai lembut membelai rambut dan wajah yang gerah setelah bersih-bersih, dan ngga ketinggalan kegiatan wajib: berfoto bersama.. eeeaaaaa…


#AngsanaBeachCleanUp

#AngsanaBeachCleanUp
Malam pun tiba, agenda selanjutnya adalah makan malam yang kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan tentang terumbu karang yang disampaikan oleh Pak Yudhi dan Bang Eko. Berkumpul di posko sederhana tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti materi tentang terumbu karang malam itu, ada juga sih yang terlihat capek dan ngantuk..hihi..

Penyuluhan Terumbu Karang
Selesai penyuluhan tentang terumbu karang, sesi tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan pengundian door prize yang hadiahnya dipersembahkan oleh “B-Banjar” sebuah outlet oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam souvenir khas Banjar dari kaos, sandal, tas, topi, boneka bekantan, miniatur pasar terapung, dll.

Kegiatan malam itu ditutup dengan penandatangan petisi komitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan Pantai Angsana. Peserta kembali ke Pendopo tempat menginap malam itu.

#AngsanaBeachCleanUp

#AngsanaBeachCleanUp
 Hari Kedua, tidak ada agenda khusus sebenarnya, karena memang panitia memberikan kesempatan untuk peserta bebas melakukan aktivitas masing-masing, namun ternyata hampir semua peserta punya pemikiran yang sama, ngga lengkap rasanya ke Pantai Angsana tanpa snorkeling-an. Long Weekend dan banyaknya pengunjung yang datang hari itu membuat kapal dan penyewaan alat snorkel kebanjiran order hingga harus antri. Panitia tidak kehabisan akal, akhirnya peserta yang ingin ikutan snorkeling diajak ke Pantai Bunati yang terletak tidak jauh dari Pantai Angsana, dari sana peserta menyewa kapal dan alat snorkeling dan langsung menuju laut.

wajah sumringah mau snorkeling

save coral
snorkeling

Angsana's Underwater
Angsana's Underwater

Angsana's Underwater
Puas bersnorkeling-ria, peserta pun kembali ke pendopo Angsana untuk makan siang bersama dan dilanjutkan mengikuti prosesi penyerahan secara simbolis 6 unit tempat sampah hasil gabungan dari dana patungan rekan-rekan SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dan dana sumbangan dari Disporbudpar Prov. Kalsel.



Secara keseluruhan acara selesai, ditutup dengan foto bersama antara panitia, peserta, dan Pak Yudhi yang mewakili Pokdarwis setempat. Peserta #AngsanaBeachCleanUp pun kembali ke daerah asal masing-masing dengan cerita dan kenangan masing-masing tentunya.


Special Thanks to:

-          SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru (@smktelkombanjar )
“Makasih buat backdrop, banner petisi, sticker, dan tempat sampahnya.. You guys were awesome..!”
-          SKY Radio Banjarmasin ( @sky893fm )
“sering-sering ngajakin South Borneo Travellers buat on air yaa kak..”
-          B-Banjar ( @boedie_banjar / www.kaosbanjarmasin.com )
“trims buat souvenir kerennya, moga-moga lain kali panitia dapat jatah..hihi..”
-          Wadai Banjar ( @wadaibanjar )
“makasih buat snack box-nya yang nyummy bingitsss…”
-          KSR IAIN Antasari Banjarmasin
-          Forum Indonesia Muda Banua n Friends (Banjarbaru)
-          Pokdarwis Pantai Angsana
-    Bang Eko Prio Raharjo Shandy Penyuluh Perikanan BP4K Tanah Bumbu (Pemateri Penyuluhan Terumbu Karang)
-          Duwis Kalsel dan Kab. Tanah Bumbu
-          Disporbudpar Prov. Kalsel dan Kab. Tanah Bumbu
-          Semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini
-          Dan terakhir, yang keren, cakep, manis, gokil, seru, semua peserta #AngsanaBeachCleanUp
“mohon maaf untuk segala kekurangan yang terjadi baik sengaja atau ngga, angkat topi buat kalian…”




Sampai jumpa di aksi selanjutnya, salam, South Borneo Travellers.

*sumber foto dari peserta #AngsanaBeachCleanUp*
*review lainnya bisa klik di sini dan di sini *

1 comment:

 

@visitkalsel on Twitter



@visitkalsel on Instagram


 
Blogger Templates